6 Tempat Wisata di Tambakromo, Jawa Tengah yang Masih Tersembunyi

Diposting pada

Tambakromo yakni satu dari yang lain daerah tang ada di Kab. Pati, Jawa Tengah dengan jumlah Kelurahan sebanyak 18 ibarat Angkatan Kidul, Mojomulyo, Sitirejo, Wukirsari, Maitan, Karangwono, Kedalingan, Keben dan yang lain. Semacam sebagian wilayah lain yang ada di Jawa Tengah, ada sebagian daerah tamasya di Tamabkromo dari mulai tamasya alam sampai tamasya kuliner yang harus kalian datangi di saat sedang datang ke Jawa Tengah ibarat ulasan dari kami berikut ini.

1. Kedung Perahu

Lokasi tamasya di Tambakromo utama yang harus kalian datangi yakni Kedung Perahu di Pegunungan Kendeng Pati.  Gambar gambar di daerah tamasya ini secara tiba-tiba viral di permulaan tahun 2017 yang kemudian yang menyuguhkan panorama sungai bebatuan nan elok nggak kalah memukau dengan waterpark terkemuka di Jawa Tengah. Bahkan cukup banyak orang yang beranggapan kalau daerah ini ibarat bukan berasal dari Kabupaten Pati. Selain ternama dengan sebutan Kedung Perahu, daerah tamasya ini jua biasa disebut dengan Dongn Prau dan sebutan sebutan yang lain tepat dengan bahasa setempat.

Disini, kalian dapat menyaksikan air yang betul-betul jernih hingga bentuk bebatuan yang terlihat ibarat komponen perahu yang sungguh membatu. Jenisnya yang betul-betul unik tersebut bikin Kedung Perahu betul-betul sesuai dijadikan seperti spot berfoto. Sedangkan pada komponen atasnya termuat peninggalan sejarah berupa tiang beton penyangga rel kereta api bekas Belanda. Dari komponen atas bukit, nantinya kalian jua dapat menyaksikan panorama pedesaan yang pastinya betul-betul elok.

  • Alamat: Dukuh Slening Desa Larangan, Kecamatan
    Tambakromo.

2. Goa Kembang

Pegunungan Kendeng yang letaknya membentang di sepanjang wilayah Kabupaten Pati memang ternyata menyimpan banyak daya tarik keindahan alam tersembunyi yang sesuai dijadikan destinasi tamasya ibarat salah satunya Goa Kembang yang dapat menyuguhkan panorama berlainan dari pantai eksotis di Jawa Tengah. Sebagian turis yang sungguh sempat datang kesana mengatakan kalau keindahan yang disuguhkan Goa Kembang nggak kalah dengan Goa Jomblang di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

READ :  6 Tempat Wisata di Juwana, Jawa Tengah Paling Terkenal

Di dalam goa ini, kalian dapat menyaksikan stalaktit dan jua stalakmit yang betul-betul indah serentak corak dinding goa yang betul-betul menakjubkan. Posisi goa ini vertikal ibarat sumur akhirnya wajib memakai tali di saat kalian ingin masuk ke dalam goa yang sesuai bagi kalian petualang sejati.

  • Alamat: Desa Pakis, Kecamatan Tambakromo.

3. Tamasya Batik TilaseRon

Buat kalian yang ingin berwisata sambil berwisata, maka daerah tamasya batik TilaseRon khas Desa Maaitan Tambakromo ini betul-betul sesuai buat kalian datangi. Disini, kalian dapat menyaksikan kelompok wanita Mulya Jaya Dukuh Pagergunung, Desa Maitan, Kecamatan Tambakromo yang bikin kreasi batik khas bernama Batik TilaseRon.

Kata TilaseRon sendiri diambil dari kata tilase yang berarti tapak dan jua Ron yang dalam bahasa Jawa kromo inggil berarti daun, akhirnya kalau secara harafiah berarti tapakdaun. Faktor unik dari daerah tamasya di Jawa Tengah yang menyuguhkan batik ini yakni masalahnya dibikin tanpa menggunakan lilin, akan tetapi dibikin dengan dua proses merupakan steam dengan step dikukus dan ke 2 yakni founding merupakan dengan step dipukul pukul menggunakan palu.

4. Goa Lowo

Goa Lowo jua adalah daerah tamasya di Tambakromo Jawat Tengah yang betul-betul unik. Destinasi tamasya ini terletak di Desa Wukisari, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Goa Lowo terletak di puncak bukit dengan panorama mulut gua yang betul-betul elok dimana kalian dapat menyaksikan perbukitan karst yang bersusun dan terbentuk dari sebagian formasi geologi yang dinamakan dengan perbukitan kendeng utara.

Di dalam komponen dalam daerah tamasya di Pati ini termuat chamber yang besar dan jua skylight ataupun sinar matahari yang masuk lewat lubang lubang sempit di chamber goa akhirnya bakal terlihat betul-betul elok dari pintu masuk gua. Selain itu, goa ini jua dapat tembus ke sebelah barat yang berhadapan langsung dengan mulut jurang.

READ :  6 Tempat Nongkrong di Wonosobo yang Wajib Dikunjungi

Speleothem di Goa Lowo ini masih belum terbentuk dengan semurna soalnya proses karstifikasinya nggak masif dan cukup jarang didapatkan pernak-pernik pernak-pernik akhirnya goa ini dapat dikatakan aman seperti tamasya alam. Goa ini dinamakan Goa Lowo masalahnya dahulu ada banyak kalilawar yang ada di dalam goa ini akhirnya pernah dijadikan seperti daerah penambangan fosfat dari guano ataupun feses kalilawar ataupun kelelawar tersebut.

5. Goa Paesan

Gak cuma Goa Lowo, akan tetapi kalian jua dapat mendatangi Goa Paesan di Tambakromo yang jua nggak kalah elok. Lokasi tamasya Goa Paesan ini terletak di Ponjong Gunung Kidul Yogyakarta di Desa Tambakromo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul. Destinasi tamasya ini nggak cuma ramai di hari libur akan tetapi jua di hari hari biasa masalahnya dapat membagikan sensasi yang berlainan dari daerah tamasya di Ungaran.

Goa ini masih belum tersentuh dengan banyak pembangunan sehinga masih betul-betul asri meski prasarananya sendiri jua belum lengkap. Nama Paesan sendiri diambil dari bahasa Jawa merupakan Paes yang berarti merias diri ataupun bersolek. Meski terbilang masih kurang dari sisi prasaeana, akan tetapi buat kamar mandi ataupun MCK, lokasi parkir kendaraan, daerah istirahat dan sebagian prasarana yang lain sungguh dipersiapkan.

6. Embung Gunung Panggung

Embung Gunung Panggung terletak di jajaran Pegununan Sewu di Padukuhan Klepu, Desa Tambakromo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul. Destinasi tamasya ini dinamakan Embung Gunung Panggung masalahnya bentuk puncak gunung yang betul-betul lapang ibarat lapangan bola dan ada di atas ketinggian akhirnya ibarat panggung. Soalnya letaknya yang ada di atas ketinggian, maka kalian dapat menyaksikan panorama dari sekitaran daerah tersebut.

READ :  13 Tempat Wisata di Kulon Progo Yogyakarta, Paling Hits

Embung Gunung Panggung ini mengalami peningkatan destinasi ekowisata  dengan penambahan lapangan terbuka hijau dan jua perkemahan serta lokasi bermain yang dapat dipergunakan warga sekitaran dan jua para turis. Selain itu, penambahan jalur buat pendakian jua disertakan serta sebagian wahan bermain ibarat flying fox, daerah spot buat gambar, gazebo dan pastinya keindahan yang betul-betul sesuai dijadikan spot
gambar.

Sebagian fasilitas yang dapat kalian gunakan di saat datang
ke daerah tamasya ini diantaranya yakni:

  • Camping ground: Buat menikmati keindahan Desa Ekowisata Embung Gunung Panggung yang jua dapat dipakai seperti daerah outbond.
  • Flying fox: Buat kalian yang ingin mencoba adrenalin.
  • Gazebo dan spot gambar: Buat daerah beristirahat, berteduh serentak menikmati panorama dan sungguh dipersiapkan jua spot gambar buat mengabadikan keindahan alam di daerah tamasya ini.

Demikian ulasan dari kami kini mengenai sebagian destinasi tamasya di daerah tamasya di Tambakromo yang dapat kalian datangi yang sebagian diantaranya menyuguhkan keindahan tamasya alam asri dan belum terjamah.