6 Tempat Wisata di Juwana, Jawa Tengah Paling Terkenal

Diposting pada

6 Tempat Wisata di Juwana, Jawa Tengah Paling Terkenal – Juwana adalah suatu kota yang ada di pesisir Utara Pulau Jawa tambah tepatnya terletak di jalur Pantura yang menghubungkan Kota Rembang dan jua Kota Pati. Kota Juwana sendiri yakni kota paling besar urutan ke 2 di Kabupaten Pati setelah Pati. Kota ini populer dengan industri kerajinan kuningan dan jua pembudidayaan bandeng. Kemungkinan besar, nama Juwana sendiri diambil dari kata Jiwana adalah bahasa Sansekerta yang berarti jiwa. Sedangkan usulan lain mengatakan seandainya Juwana berasal dari kata druju yang berarti nama pohon dan wana yang berarti hutan.

Juwana adalah tempat pesisir serta dataram remdaj demham tanah jenis aluvial serta red yelloy mediteran yang jua dilalui sungai Juwana ataupun kerap disebut dengan sungai Silugonggo. Kalau kalian ing datang kesana, berikut bakal kami berikan rekomendasi lokasi tamasya di Juwana unggul yang dapat kalian datangi.

1. Pantai Sambilawang

Lokasi tamasya di Juwana utama yang dapat kalian datangi utama yakni Pantai Sambilawang. Ini adalah lokasi tamasya yang senantiasa ramai dikunjungi para turis gak cuma pada hari libur tetapi jua pada hari biasa sebab memang menyuguhkan panorama yang sungguh elok. Daya tarik unggulan dari Pantai Sambilawang ini bukan cuma sebab pemandangannya yang sungguh elok, tetapi jua sebab orangnya yang sungguh ramah bagus pada turis setempat ataupun asing.

Pantai eksotis di Jawa Tengah bernama Pantai Sambilawang gak cuma menyuguhkan daya tarik pesisir yang sungguh memukau, tetapi jua bisa dijadikan tamasya edukasi karena termuat tanaman mangrove yang bertumbuh subur dan jadi sabuk pantai hidup pada pesisir seluas 8 hektar. Kamu nantinya dapat menikmati angin pantai yang menenangkan lengkap dengan panorama laut lepas serentak hamparan tanaman mangrove hijau.

Disini kalian jua dapat menyaksikan puluhan tambak ikan bandeng yang berjajar di sepanjang jalan menuju pantai. SedangkanĀ  buat fasilitas yang ada di Pantai Sambilawang ini diantaranya yakni:

  • Tempat parkir kendaraan.
  • Kamar mandi / MCK.
  • Warung makan dan yang lain.
READ :  6 Tempat Nongkrong di Wonosobo yang Wajib Dikunjungi

2. Juwana Water Fantasy

Juwana Water Fantasy jadi destinasi tamasya seterusnya di saat kalian datang ke Juwana yang tambah tepatnya berada di Jalan Raya Pantura dan jadi satu dari yang lain waterpark unggul di Jawa Tengah. Ini adalah lokasi wista bertemakan air dengan bentuk bangunan JWF yang terinspirasi dari Tembok Benteng Eropa.

Ini adalah satu dari yang lain dari lokasi tamasya andalan di Juwana yang nyaris tiap harinya dipadati oleh hadirin. Sedangkan seandainya hari libur, lokasi tamasya ini bakal dikunjungi ratusan hadirin di lokasi seluas 5 hektar ini.

Disini, kalian dapat menikmati sekitaran 34 jenis wahana dari mulai kolam renang dan bermacam permainan air seperrti slide ataupun seluncuran. Sebagian permainan yang dapat kalian coba diantaranya yakni:

  • Komedi putar dengan bentuk satu pesawat.
  • Perahu kora kora.
  • Goa hantu dan yang lain.

Kalau kalian ingin datang ke lokasi tamasya ini dapat dari pukul 09.00 hingga 16.00 dari hari Senin sampai Jumat dan jam 08.00 hingga 15.00 dari buat hari Sabtu dan Minggu.

  • Alamat: Jl. Juwana, Rembang Km. 8, Desa Bumimulyo [Mujil] Kecamatan Batangan Kabupaten Pati.

3. Pantai Kertomulyo

Pantai Kertomulyo jadi satu dari yang lain tamasya di Juwanan yang hits saat ini. Pada mulanya di pantai ini cuma termuat sedikit tanaman bakau akhirnya masih tertinggal dari sebagian pantai yang lain. Akan tetapi setelah dibersihkan dan perawatan mangrove, maka pantai ini kondisinya kian bagus sampai akhirnya layak dijadikan destinasi tamasya yang sungguh mempesona.

Keindahan paling unggulan di Pantai Kertomulyo ini yakni menikmati sunset dengan langit berwarna jingga dan deburan ombak yang sungguh elok akhirnya sesuai diabadikan dalam fot bersama-sama keluarga, pasangan ataupun kawan.

4. Genuk Kemiri

Kalau kalian ingin mendatangi lokasi tamasya yang sarat bakal makna dan cerita, maka genik kemiri ini jawabannya. Dahulu, ini dijadikan seperti lokasi memuat air wudhu oleh Adipati di Desa Kemiri yang sampai sekarang ada di samping pendopo Pati Pesantenan dan terus diyakini penduduk seandainya air yang ada di dalam Genuk itu masih bertuah dan keramat.

READ :  6 Bangunan Tua di Solo Terbaik

Tiap hari Kamis, malam Jumat, maka bakal ada banyak orang yang berkumpul buat membuat sesaji dan nyepi di lokasi tamasya di Jawa Tengah ini. Dari cerita yang beredar, seandainya ada orang yang berziarah, maka air di dalam gentong yang dilihatnya yakni air penuh yang berarti peziarah tersebut bakal memperoleh banyak rezeki. Akan tetapi seandainya air gak kelihatan ataupun kasat, maka berarti rezeki peziarah tersebut bakal menyusut.

Genuk Kemiri ini yakni satu dari yang lain peninggalan sejarah yang ada di wilayah Kemiri dan ada jufa makam serta pohon beringin kemiri yang tambah tua dari alun alun Yogyakarta ataupun Surakarta. Pohon beringin tersebut diperkirakan berumur 600 hingga 700 tahun dengan ketinggian sekitaran 30 meter.

5. Pulau Seprapat Juwana

Pulau Seprapat Juwana adalah suatu tidak luas yang ada di Desa Bandar, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Pulau Seprapat ini ada di pinggiran laut utara Jawa yang dulunya banyak dihuni oleh hewan kera dan konon katanya dijadikan seperti lokasi pesugihan. Di pulau ini, kalian dapat menyaksikan seperti itu banyak pohon pohon berukuran tinggi serupa bakau yang memperbesar kesejukan udara di lokasi tamasya ini gak kalah dengan lokasi
tamasya di Pati.

Kata Seprapat sendiri dalam bahasa Jawa berarti seperempat yang dipakai seperti nama pulau ini dari cerita Dampo Awang yang meninggalkan seperempat harta miliknya di Pulau Sprapat tersebut. Konon dikatakan seandainya di pulau ini termuat makam Datuk Lodang dalam bentuk mushola yang jua banyak dihuni oleh kera menjadi jadian ataupun disebut siluman.

Kera kera tersebut dikatakan seandainya dulunya yakni manusia yang mengambil pesugihan di Pulau Seprapat sehingga mati dan akhirnya tinggal disana. Meski jasadnya memang telah mati, tetapi mereka tetap hidup di dimensi dunia lain dan jadi budak ataupun abdi setan yang memberi kekayaan tersebut.

READ :  6 Tempat Wisata di Tambakromo, Jawa Tengah yang Masih Tersembunyi

6. Liburan Sedekah Laut Juwana

Liburan Sedekah Laut Juwana di Bajomulyo Pati, Jawa Tengah adalah satu dari yang lain daerah tamasya yang ada di Pelabuhan Juwana, Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Ini adalah destinasi tamasya yang senantiasa ramai dikunjungi para turis bagus di hari libur ataupun hari biasa.

Destinasi tamasya ini mempunyai panorama yang sungguh elok dan bakal memberi sensasi yang berlainan gak kalah baik dengan lokasi tamasya di Ungaran. Nantinya, kalian dapat menyaksikan ribuan warga dari bermacam tempat di Kecamatan Juwana yang membuat larung sesaji ataupun disebut dengan sedekah laut. Tradisi sedekah laut ini bakal diawali dengan pawai yang mengarak miniatur kapal nelayan berisi kepala kambing dan jua nasi tumpeng lengkap dengan makanan pasar.

Sebelum dilarung, nantinya tokoh agama setempat bakal berdoa dan memohon berkah Tuhan serentak mengucap syukur atas kelangsungan warga di saat menelusuri ikan. Tradisi ini sendiri telah dilaksanakan secara turun temurun akhirnya dijadikan kebiasaan penduduk Juwana serentak sungguh mempesona perhatian para turis. Disini jua dipersiapkan bermacam fasilitas, semacam:

  • Mushola.
  • Tempat parkir kendaraan.
  • Kamar mandi ataupun MCK.
  • Lokasi istirahat.
  • Warung makan dan yang lain.

Itulah tadi sebagian destinasi lokasi tamasya di Juwana yang dapat kalian datangi yang masing masingnya dapat memberi pengalaman mempesona buat kalian. Mudah-mudahan dapat memperbesar keterangan mengenai destinasi harus dikunjungi di Jawa Tengah.