7 Tempat Wisata Budaya di Solo Terbaik

Diposting pada

7 Tempat Wisata Budaya di Solo Terbaik – Merencanakan liburan dalam waktu dekat? Jika masih bingung kota mana yang akan dituji, Solo dapat anda jadikan pertimbangan.

Solo adalah salah satu kota padat penduduk di Jawa Tengah. Kota yang identik dengan Sungai Bengawan Solo ini adalah kota yang pas untuk berlibur.

Ada beragam tempat wisata di Solo yang recommended untuk kunjungi mulai dari wisata alam, wisata belanja, hingga wisata budaya yang cocok bagi anda yang ingin menjelajah lebih jauh sejarah Kota Solo.

Tercatat ada beberapa tempat wisata budaya di Solo yang dapat anda jadikan destinasi liburan favorit. Apa saja? Simak rekomendasinya di bawah ini. Let’s check these out!

1. Taman Sriwedari

Indonesia memiliki ragam tempat wisata yang populer di hampir semua kota tak terkecuali Solo. Di Kota Solo anda dapat menemukan berbagai macam tempat wisata menarik.

Wisata budaya di Indonesia menjadi salah satu jenis tempat wisata yang paling menarik perhatian wisatawan. Jika anda ingin memperdalam pengerahuan tentang sejarah dan budaya Kota Solo, kami sangat merekomendasikan tempat wisata budaya di Solo untuk anda kunjungi.

Tertarik untuk menjelajahi tempat wisata budaya di Kota Solo, silakan masukkan Taman Sriwedari ke dalam agenda perjalanan wisata anda.

Taman Sriwedari sendiri merupakan salah tempat wisata di Indonesia yang recommended untuk dikunjungi terlebih jika anda tengah menyambangi Kota Solo.

Dikatakan recommended karena Taman Sriwedari merupakan pusat hiburan, seni, dan budaya yang paling ramai dikunjungi wisatawan di Kota Solo.

Ada beragam pentas seni yang ditampilkan di Taman Sriwedari ini seperti Wayang Orang Sriwedari yang menjadi highlight utama dari taman ini. Tertarik untuk mengunjunginya?

READ :  7 Tempat Wisata Jogja Dekat Malioboro Terbaik

2. Museum Keraton Solo

Selain oleh-oleh khas Solo yang wajib anda beli ketika berada di kota ini, jangan lewatkan juga kesempatan menyambangi berbagai tempat wisata budaya khas Jawa di Kota Solo.

Selanjutnya, kami merekomendasikan anda untuk mengunjungi Museum Keraton Solo, salah satu landmark Kota Solo yang paling terkenal.

Ya, tak hanya di Yogyakarta saja, di Kota Solo anda juga dapat menemukan Museum Keraton.

Terletak di Jalan Sidikoro, masih satu area dengan Pasar Kliwon, Museum Keraton Solo adalah tempat yang pas bagi anda yang ingin mengenal sejarah, karya seni, hingga tradisi Kota Solo.

Ada beragam barang-barang antik peninggalan sejarah yang terdapat di dalam Museum Keraton Solo.

Yang paling menarik, Museum Keraton Solo menyimpan kereta kencana kerajaan dengan nilai sejarah tinggi yang sayang untuk anda lewatkan.

3. Museum Keris

Wisata sejarah di Solo beserta wisata budayanya adalah satu kesatuan yang bak tidak dapat dipisahkan.

Setelah mengunjungi dua tempat wisata budaya sebelumnya, lengkapi agenda perjalanan wisata anda selama berada di Kota Solo dengan mengunjungi Museum Keris.

Terletak di Jalan Bhayangkara, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Museum Keris merupakan museum keris terlengkap di Indonesia dimana terdapat lebih dari 300-an keris dari berbagai daerah di Indonesia yang dipamerkan di Museum Keris.

Dari ratusan keris yang dipamerkan, ada satu keris paling keramat yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan untuk mengunjungi Museum Keris ini yaitu keris dari era Kerajaan Majapahit yang paling utuh sampai hari ini.

4. Museum Pesanggrahan Langenharjo

Mengulik peninggalan sejarah dan budaya Solo selalu menarik terlebih jika menyangkut Kerajaan Keraton Solo.

Selanjutnya, ada rekomendasi museum di Kota Solo lainnya yang cocok bagi anda yang ingin mengenal lebih jauh budaya kota ini.

READ :  5 Wisata Air Terjun Di Wonosobo yang Sayang Untuk Dilewatkan

Adalah Pesanggrahan Langenhargo, museum yang terletak di Jalan Langen Harjo, Kabupaten Sukohargo dimana dulunya museum ini merupakan tempat rekreasi keluarga kerajaan Keraton Sukararta pada masanya.

Museum Pesanggrahan Langenharjo dibangun persis di samping Sungai Bengawan Solo yang menjadikan museum satu ini sebagai salah satu destinasi wisata wajib saat tengah berada di Kota Solo.

Ada banyak spot menarik di Museum Pesanggrahan Langenharjo yang dapat anda jelajahi seperti tempat pemandian yang dulunya digunakan raja-raja.

Dengan nilai historis yang tinggi, sayang rasanya jika melewatkan Museum Pesanggrahan Langenharjo ini.

5. Museum Radya Pustaka

Belum puas dengan tempat-tempat wisata budaya di Kota Solo yang sudah kami sebutkan di atas, selanjutnya, silakan masukkan tempat wisata budaya ini ke dalam agenda perjalanan wisata anda selama berada di Kota Solo.

Ya, ada fakta menarik dari Museum Radya Pustaka, museum berikutnya yang recommended bagi anda yang ingin mengenal lebih jauh budaya jawa di Kota Solo.

Museum Radya Pustaka merupakan museum tertua di Indonesia yang sudah berdiri sejak abad ke 18 tepatnya pada 18 Oktober 1890. Tempat ini pada masanya merupakan kediaman seorang warga Belanda yang cukup berpengaruh bernama Johannes Busselaar.

Museum Radya Pustaka menyimpan arsip-arsip kerajaan yang masih disimpan dengan sangat apik dan jumlahnya semakin bertambah dari waktu ke waktu.

6. Benteng Vastenburg

Ada banyak bangunan bersejarah dengan balutan budaya yang kental di Kota Solo.

Salah satunya ikon Kota Solo berikutnya ini dimana tempat ini sangat populer di kalangan penduduk lokal maupun wisatawan.

Adalah Benteng Vastenburg, benteng yang menjadi spot selfie favorit banyak orang.

Benteng Vastenburg merupakan salah satu peninggalan Belanda di Kota Solo yang masih berdiri kokoh hingga saat ini.

READ :  13 Tempat Wisata di Kulon Progo Yogyakarta, Paling Hits

Daya tarik utama dari Benteng Vastenburg ini terletak pada gaya arsitekturnya yang sangat ikonik khas bangunan Belanda. Tak heran jika kemudian Benteng Vastenburg menjadi spot favorit untuk berfoto.

7. Museum Pers Nasional

Terakhir, jadikan Museum Pers Nasional sebagai destinasi selanjutnya jika anda tertarik dengan peninggalan sejarah dan budaya di Kota Solo.

Ya, Museum Pers Nasional yang terletak di Jalan Gajah Mada ini merupakan pusatnya dokumen-dokumen kuno disimpan dengan rapi sejak masa penjajahan Belanda.

Ada sekitar 13.000 koleksi naskah yang disimpan di Museum Pers Nasional. Menariknya, tak hanya naskah saja karena terdapat pula peralatan pers yang masih dijaga dengan baik di Museum Pers Nasional.

Menarik, bukan? Jangan sampai anda lewatkan, ya!

Itu dia 7 tempat wisata budaya di Solo yang sudah kami ulas dan rekomendasikan untuk anda. Semoga bermanfaat.